Kamis, 17 Maret 2016

KULIAH UMUM DI UNSRAT : BPJS Ketenagakerjaan Sebagai Solusi Permasalahan Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan memberikan kuliah umum bertemakan “Knowledge Forum On Social Security” kepada dihadiri kurang lebih 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dan dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Samratulangi, Manado (Kamis, 17/03/2016).


Dekan FISIP Unsrat Drs. Philep M. Regar, MS membuka acara tersebut dengan harapan masalah-masalah sosial terutama di Bidang Ketenagakerjaan bisa mendapatkan solusi. “Banyak permasalahan sosial khususnya dibidang ketenagakerjaan, dengan adanya kegiatan seperti ini akan memberikan kita edukasi seerta pemahaman bagaimana harus bersikap”.

Sebelumnya kegiatan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang mencerminkan bahwa kegiatan itu didasari oleh semangat Indonesia Raya untuk membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

Selanjutnya kegiatan yang menghadirkan dua panelis yaitu dari unsur Akademisi dan BPJS Ketenagakerjaan.

Dr. Daud M. Liando SIP, MSI yang juga Dosen FISIP sekaligus Koordinator  Program Studi Pengelolaan Sumber Daya Pembangunan Pascasarjana Unsrat menegaskan bahwa fungsi pemerintah ada 3 yaitu : Pembangunan, Pelayanan, & Pemberdayaan. Melalui fungsi pembangunan yang salah satunya berfokus pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia dengan harapan bisa meningkatkan kualitas pelayanan publik. Sehingga sebagai civil society memiliki harapan BPJS Ketenagakerjaan selaku perpanjangan tangan dari Pemerintah bisa memberikan pelayanan lebih baik.

Isnavadior Jatmiko yang akrab disapa Mas Iko selaku kepala Urusan Knowledge Management dan Kemitraan Strategis Divisi Perencana strategis BPJS Ketenagakerjaan, mengatakan BPJS hadir sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan. Lebih lanjut bapak Jatmiko juga mengajak masyarakat Indonesia khususnya Mahasiswa Unsrat untuk selalu mendukung program yang dicanamkan oleh penyelenggara BPJS Ketenagakerjaan.

Pada sesi diskusi, mahasiswa mempertanyakan bahwa informasi BPJS Ketenagakerjaan belum sampai kepada keluarga mereka sehingga mereka lebih banyak mengenal tentang BPJS. Salah satu mahasiswa menyarakan agar lebih meningkatkan Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan kepada khalayak publik.

Akhirnya kuliah umum tersebut ditutup dengan membagikan cinderamata bagai panelis dan moderator serta kepada peserta. Harapannya kegiatan tersebut bisa terus dilanjutkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA