Sabtu, 15 Juli 2017

Pasar Bersehati Manado terjaring Program BPJS Ketenagakerjaan

Sejumlah team dari BPJS Ketenagakerjaan Manado turun langsung ke Pasar Bersehati Manado untuk memberikan edukasi dan sosialisasi program Bukan Penerima Upah (BPU) BPJS Ketenagakerjaan pada Sabtu, (15/07/2017).

Team BPJS Ketenagakerjaan Manado
Tak tanggung-tanggung, BPJSTK menurunkan kurang lebih 30 personil untuk memberikan pemahaman kepada para pedagang, sopir, tukang ojek, nelayan bahkan petani yang langsung menjual hasil pertaniannya di Pasar tradisional Kota Manado.

Sosialisasi ini merupakan penjelasan tentang program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi pekerja bukan penerima upah yaitu pekerja yang yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan. Kami juga ingin hadir lebih dekat kepada para pekerja yang waktunya susah mengakses BPJS Ketenagakerjaan, termasuk hari ini” Adisafah Curmacosasih selaku Kepala Bidang Pemasaran.

Mengedukasi Pedagang
Melihat program yang ditawarkan oleh BPJSTK pada segmen BPU, dengan premi hanya Rp. 16.800,- per bulan dan atau Rp. 560,-  per bulan maka mendapatkan perlindun gan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Manfaatnyapun beragam, sebagai contoh apabila seorang pekerja telah terdaftar dan mengalami kematian (meninggal tanpa melihat penyebab kematian) maka santunan yang diberikan kepada ahli waris sebesar 24 juta rupiah belum lagi jika meninggal karena kecelakaan kerja maka santunan yang diberikan kepada ahli waris sebesar 48 juta rupiah.

Dihubungi ditempat yang terpisah, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Manado Bapak Asri Basir mengungkapkan bahwa “Kegiatan edukasi dan sosialisasi pasar rakyat akan terus diupayakan untuk dilakukan, agar BPJS Ketenagakerjaan dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat Pekerja.

Namun, dibalik semua itu kesejahteraan para pekerja disektor informal atau bukan penerima upah ditentukan oleh seberapa besar kesadaran para pekerja untuk meikirkan risiko yang akan datang dan menggantinya dalam bentuk premi yang sangat kecil.

Salah satau peserta yang mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan pada acara sosialisasi dan edukasi program BPU di Pasar Bersehati Manado mengungkapkan bahwa "Saya sangat senang sekali, ada BPJS terjun ke pedagang memberikan sosialisasi kegunaan dan manfaat BPJS dan mengerti bahwa ada juga BPJS Ketenagakerjaan. Bagi saya sebagai pedagang sangat menguntungkan, karena saya tiap hari naik motor berdagang di pasar yang selalu ramai, paling tidak ada yang menjamin dari BPJSTK, saya mengikuti Program JKK dan JKM, dengan hanya membayar Rp. 16.800,- per bulan”

Peserta yang mendaftar

Jumlah peserta yang mendaftar pada kegiatan ini adalah sebanyak 411 peserta dengan latar pekerjaan pedagang, tukang ojek, sopir, petani dan nelayan.

Harapannya, semakin banyak masyarakat yang mengenal BPJS Ketenagakerjaan khususnya masyarakat pekerja baik di sektor formal / penerima upah dan sektor informal / bukan penerima upah.



Kegiatan serupa akan terus dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan secara berkelanjutan di pasar-pasar Manado, Bitung, Minahasa dan Kotamobagu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA